Doa Dan Amalan Warisan Leluhur

Doa Awal Tahun Baru Hijriyah dan Doa Akhir Tahun Plus Terjemah

Advertisement



Doa Akhir dan Tahun Baru Hijriyah - Tak terasa pada kita sudah berada di bulan terakhir dari tahun 1435 Hijriyah. Dan sebentar lagi kita akan memasuki Tahun Baru Hijriyah 1 Muharaam 1436 H yang insya Allah tahun ini akan jatuh pada tanggal 25 Oktober 2014. Saatnya kita untuk bermuhasabah, apa yang sudah kita lakukan selama tahun 1435 H yang lalu? Apakah kita sudah cukup berbuat baik?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam menyambut tahun baru Hijriyah ini. Selain bermuhasabah, kita juga bisa mengamalkan doa awal tahun baru hijriyah dan juga doa akhir tahun. Doa akhir tahun dibaca pada hari terakhir di bulan Dzulhijjah setelah ‘Ashar atau menjelang maghrib. Sedangkan doa awal tahun dibaca setelah maghrib pada hari malam pertama dari bulan Muharram.

Jika anda belum hafal doa akhir tahun, berikut ini adalah doanya:


Terjemah/arti doa akhir tahun:

Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara dan menguasai alam semesta. Salawat dan salam ke atas junjungan kami Nabi Muhammad S.A.W. serta ahli keluarga dan para sahabatnya.

Ya Alllah, Engkaulah yang kekal abadi untuk selama-lamanya. Demi kelebihanMu yang Maha Agung dan kemurahanMu yang melimpah, sesungguhnya pada tahun ini aku memohon kepadaMu perlindungan daripada syaitan yang terkutuk, dari sekalian kroni-kroninya, tenteranya dan penolongnya. Aku juga memohon perlindungan dari nafsu amarah yang sentiasa mendorong ke arah kejahatan dan melalaikan dengan perkara yang tidak bermanfaat daripada mendekatkan diriku kepadaMu.

Salawat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara dan menguasai alam semesta.

Dan inilah doa awal tahun baru hijriyah:



Arti / terjemah doa awal tahun baru hijriyah:

Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara dan menguasai sekalian alam semesta. Salawat dan Salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad S.A.W. serta ahli keluarga dan para sahabatnya.

Ya Allah, sesungguhnya pada tahun ini aku telah melakukan laranganMu tetapi aku masih belum bertaubat sedangkan Engkau tidak ridlo dan melupakan perkara itu. Engkau telah menangguhkan azabMu yang telah ditetapkan kepadaku. Engkau telah memerintahkan supaya aku bertaubat dari kesalahan itu. Sesungguhnya pada hari ini aku memohon keampunan dariMu, ampunilah aku dan apa yang telah aku lakukan pada tahun ini yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan pahala maka aku memohonnya dari Engkau. Ya Allah, ya Karim, ya Dzaljalali wal ikrom.

Salawat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad S.A.W serta ahli keluarga dan para sahabatnya. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara dan menguasai sekalian alam]

Selamat Tahun Hijriyah 1436 H, semoga di tahun ini kita menjadi lebih baik dari tahun kemarin. Amin…

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Awal Tahun Baru Hijriyah dan Doa Akhir Tahun Plus Terjemah

0 comments:

Post a Comment

loading...