Doa Dan Amalan Warisan Leluhur

Doa Sayyidul Istighfar, Zikir Siang Malam Dengan Jaminan Surga

Advertisement

Doa Sayyidul Istighfar adalah doa permohonan ampun kepada Allah yang paling tinggi. Karena itu disebut Sayyid (Tuan, Penghulu). Doa ini termasuk doa yang sangat dianjurkan oleh Nabi untuk dibaca siang  dan malam. Dan Nabi menjamin siapa yang membacanya dengan penuh keyakinan dia mati ketika itu, maka dia masuk surga. Selain itu juga doa sayyidul istighfar ini adalah termasuk doa ma'tsurat, yaitu doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Maka sangat penting untuk kita amalkan.


Doa Sayyidul Istighfar, Zikir Siang Malam Dengan Jaminan Surga


Inilah riwayat tentang doa Sayyidul Istighfar ini:

Dari Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum shubuh, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari (7/150, no. 6306)

Baca juga : Doa Agar Sukses dan Lulus Ujian Sekolah/CPNS

Bagaimana bacaan doa Sayyidul Istighfar itu? Inilah bacaannya:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ.
Bacaan latinnya:

ALLOHUMMA ANTA ROBBI, LAA ILAAHA ILLA ANTA, KHOLAQTANI WA ANA ‘ABDUKA, WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHO’TU, A’UUDZUBIKA MIN SYARRI MA SHONA’TU, ABUU-U LAKA BI NI’MATIKA ‘ALAYYA, WA ABUU-U BIDZAMBI FAGHFIRLII FA INNAHU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBZ ILLA ANTA

Artinya :
Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hambaMu. Aku akan setia pada perjanjianku pada-Mu (yaitu menjalankan ketaatan dan menjauhi larangan, pen) semampuku dan aku yakin akan janji-Mu (berupa pahala). Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.

Bacalah wirid itu minimal 1 x di waktu siang dan malam. Akan lebih baik jika bisa dibaca setiap habis shalat. Karena setiap saat kita juga melakukan dosa-dosa. Maka alangkah baiknya juga jika kita senantiasa beristighfar kepada Allah SWT. Semoga Allah mengampuni segala dosa kita. Amin…

Yang harus selalu kita ingat adalah bahwa dosa-dosa yang kita lakukan akan menghalangi terkabulnya doa kita. Karena itu jika anda merasa bahwa selama ini doa-doanya tidak dikabulkan oleh Allah, barangkali karena masih banyaknya dosa yang ada pada diri kita. Sehingga harus dibersihkan dulu, diantaranya dengan membaca doa Sayyidul Istighfar ini. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Sayyidul Istighfar, Zikir Siang Malam Dengan Jaminan Surga

0 comments:

Post a Comment

loading...