Doa Dan Amalan Warisan Leluhur

Doa Setelah Shalat Tahajjud Dan Artinya

Advertisement

Arti Doa Shalat Tahajjud -  Meskipun banyak orang yang sudah terbiasa sholat tahajjud, namun banyak juga yang berlum tahu doa setelah sholat tahajjud ini. Shalat Tahajjud adalah salah satu amalan yang sangat berat dilakukan oleh kebanyakan manusia. Karena itu nilai fadhilah dari shalat Tahajjud ini sangatlah besar, mengingat begitu beratnya usaha untuk melakukannya. Bayangkan, ketika sudah enak-enaknya tidur, harus bangun mengambil air wudhu dan kemudian shalat tahajjud.

Ada banyak dalil yang menyebutkan keutamaan shalat Tahajjud ini. Diantaranya adalah yang terkandung dalam surat al-Muzammil yang menyebutkan keutamaan bangun pada dua pertiga malam untuk shalat tahajjud. Tertulis pada ayat 20 dari surat al-Muzammil:

“Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang…..…Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
Setelah shalat Tahajjud biasanya kemudian dilanjutkan dengan memohon kepada Allah SWT. Ada doa shalat Tahajjud yang biasa dibaca setelah shalat Tahajjud. Inilah doanya:

Doa Setelah Shalat Tahajjud Dan Artinya


Bacaan Doa Setelah Shalat Tahajud dalam bahasa latin:

Allahumma lakalhamdu annta nuurussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna wa lakalhamdu annta, wa lakalhamdu annta qayyimussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta rabbussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta mulkussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta malikussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu anntalhaqq wa wa’dukalhaqq, wa liqaa’uka haqq, wa qauluka haqq, waljannatu haqq, wannaaru haqq, wannabiyuuna haqq, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wa sallam haqq, wassaa’atu haqq. Allaahumma laka aslamtu wa ‘alaika tawakkaltu wa bika aamanntu wa ilaika anabtu wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qaddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu, anntalmuqaddimu wa anntalmu’akhkhiru laa ilaaha illaa annta anta ilaahii laa ilaaha illaa annta.

Arti doa setelah shalat tahajud di atas adalah:  Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari-Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau.”
Itulah doa setelah shalat tahajjud yang bisa anda amalkan. Bacalah doa diatas dengan penuh rasa khusyu' dan berharap hanya kepada Allah semata. Semoga dengan itu anda mendapatkan kemuliaan yang lebih dari pada yang lain, dan doa-doa anda dikabulkan oleh Allah SWT. Amin

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Setelah Shalat Tahajjud Dan Artinya

0 comments:

Post a Comment

loading...